Peta Bencana Merapi


View

Rabu, 17 November 2010

Citra Paska Erupsi

Merapi yang disebut sebagai gunung teraktif di dunia, pada tahun 2010 ini menunjukan aktivitas yang meningkat drastis. Erupsi merapi pada tahun 2010 ini merupakan erupsi terbesar dalam kurun waktu belakangan ini. Aktivitas Merapi yang dipantau dengan menggunakan citra penginderaan jauh sangat jelas menunjukan perbedaan saat sebelum erupsi tahun 2010 dengan saat terjadi erupsi pada tahun 2010. Berikut dapat dilihat pada citra penginderaan jauh keadaan merapi sebelum erupsi tahun 2010.
Citra Merapi 6 September 2006
Terlihat kenampakan pada citra bagaimana keadaan merapi saat sebelum mengalami erupsi pada tahun 2010, dapat terlihat bagaimana perbedaanya jika dibandingakan dengan merapi paska erupsi 2010.
Citra Merapi 11 November 2010 (standard false Colour)

 Citra Merapi 15 November 2010 (Pseudo True Colour)
Sumber : www.crisp.nus.edu.sg
Citra Merapi 11 November 2010 (True Colour)
Terlihat jelas aktivitas merapi yang mengeluarkan asap pekat membumbung tinggi dan menutupi sebagian besar daerah sekitar merapi. Asap pekat tersebut menunjukan bagaimana hebatnya erupsi merapi yang terjadi pada tahun 2010 ini. Erupsi ini juga mengeluarkan lava pijar yang mengalir menuruni lereng merapi mengisi lembah-lembah yang menjadi jalur material merapi. Lava pijar, abu vulkanik, pasir vulkanik, lahar dingin yang merupakan hasil dari aktivitas merapi tersebut mengakibatkan berbagai fenomena bagaimana erupsi merapi mengakibatkan perubahan penutuplahan yang ada di sekitar merapi. Berikut adalah salah satu perubahan penutuplahan yang diakibatkan erupsi merapi pada tahun 2010.
Lapangan Golf Merapi Paska Erupsi (Citra 11 November 2010- true colour)
Semoga dapat bermanfaat. (pubdok/CGF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar