Peta Bencana Merapi


View

Jumat, 19 November 2010

Peta Kerusakan Bangunan

Kerusakan bangunan yang terjadi akibat terjangan awan panas yang dikeluarkan oleh gunung Merapi kami coba estimasi dengan menggaunakan beberapa sumber data. Pada dasarnya pendekatan yang kami gunakan adalah dengan mengidentifikasi dan menginventarisasi bangunan yang ada sebelum terjadinya erupsi Merapi 2010 yang kemudian dibandingkan dengan luasan yang tersapu awan panas. Kedua data tersebut kemudian kami bandingkan dan ditarik suatu model bahwa bangunan yang tersapu awan panas adalah bangunan yang rusak.

Data keberadaan bangunan sebelum kejadian erupsi Merapi 2010 kami ambil dari data Peta Rupa Bumi Indonesia Digital yang dikeluarkan oleh Bakosurtanal dan kami tinjau dengan menggunakan citra Ikonos tahun 2006 (Resolusi 1 m). Sementara itu data mengenai luasan daerah yang tersapu awan panas, kami dapatkan dengan menginterpretasi citra Aster perekaman setelah erupsi (15 November 2010). Untuk lebih jelasnya berikut kami sampaikan peta hasil analisis divisi SIG dan Basis Data KLMB.

Download ukuran penuh


Demikian kami sampaikan, semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Karena kemarin ada kesalahan teknis kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. (pubdok/CGF)

2 komentar:

  1. kok kalinya opak semua? apa sudah bancakan ya, trus namanya ganti opak semua? mohon direvisi.
    terima kasih.

    BalasHapus